Jumat, 06 Maret 2020

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Handuk Bayi

Bayi memiliki kulit yang sensitif sehingga mudah terkena iritasi. Tentunya pemilihan baju bayi harus dipertimbangkan dengan baik termasuk handuk yang biasa digunakan untuk mengeringkan tubuhnya, setelah mandi. Memilih handuk untuk bayi tidak hanya didasarkan pada ukuran dan gambar yang lucu saja. Berikut ini hal yang harus anda perhatikan saat membeli handuk bayi.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Handuk untuk Bayi
1. Menggunakan Bahan yang Sesuai
Saat anda sedang membelikan baju untuk si kecil, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu bahan yang digunakan. Pemilihan bahan yang tidak tepat bisa menyebabkan kulitnya terkena alergi. Adapun bahan bahan handuk yang baik untuk bayi adalah katun, flanel dan nilon. Jika anda memilihkan handuk dari bahan katun, sebaiknya carilah dari jenis katun combed karena bahan ini bersifat halus dan lembut.

2. Sesuikan dengan Cuaca Tempat Tinggal
Setelah mempertimbangkan jenis bahan yang halus dan lembut, maka tebal tipis dari bahan yang digunakan sesuaikan dengan cuaca di tempat anda. Jika anda tinggal di tempat yang cukup dingin maka sebaiknya pilihlah handuk bayi yang tebal agar bayi menghangatkan bayi anda setelah dia dimandikan. Sebaliknya, jika tempat tinggal anda tergolong cukup hangat maka sebaiknya pilih handuk yang terbuat dari bahan katun sehingga nyaman di kulit bayi.

3. Memiliki Daya Serap yang Cukup Tinggi
Saat membeli handuk sebaiknya pilihlah yang memiliki daya serap tinggi. Hal ini dikarenakan bayi membutuhkan tubuhnya agar kering lebih cepat dibandingkan orang dewasa agar dia tidak merasakan kedinginan. Biasanya tingkat daya serap handuk tertera pada label produk. Pilihlah handuk dengan daya serap sekitar 600-700 untuk bayi yang baru lahir.

4. Handuk yang Tidak Ada Tambahan Pewangi
Tubuh bayi masih sensitif dan tidak bisa mentolerir zat asing. Sebagaimana contohnya, hidung bayi yang mudah beraksi ketika dia berada di dekat bahan bahan kimia seperti pewangi. Jadi sebelum membeli pastikan bahwa handuk bayi tersebut tidak ada tambahan pewangi. Apalagi saat ini banyak produk yang mengatakan aman digunakan untuk bayi namun masih disertai dengan tambahan pewangi.

5. Mudah Dicuci
Ketika memiliki bayi maka tentunya anda akan semakin sibuk untuk mengurusnya. Hal ini menyebabkan waktu anda untuk mengurus pekerjaan lain seperti mencuci akan berkurang. Jadi ketika anda sedang membeli handuk sebaiknya pilihlah yang mudah dicuci dan aman saat  anda mencucinya dengan menggunakan mesin cuci. Dengan begitu anda bisa lebih fokus untuk mengurus si kecil. Sebelum mencucinya, sebaiknya baca petunjuk mencuci yang ada di label.

6. Memilih Ukuran yang Sesuai
Ketika sedang membeli handuk  bayi,anda juga harus memperhatikan ukurannya. Pilihlah handuk dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh si kecil serta dapat menutup tubuhnya dengan baik. Bayi sangat cepat tumbuh dan mengalami perubahan ukuran sehingga anda harus membeli handuk bayi secara rutin ketika tubuhnya semakin membesar. Untuk bayi yang baru lahir anda bisa menggunakan handuk dengan ukuran 26 x 45.4 x 52 inch.

Membeli handuk untuk bayi memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Kebanyakan orang tua lebih memilih desain yang lucu dan menarik untuk  bayinya sehingga mengabaikan segi fungsi dan kualitasnya. Namun, alangkah lebih baik lagi jika nda juga mempertimbangkan fungsi utama dari handuk tersebut sehingga nyaman saat digunakan oleh bayi anda. Salah satu bahan handuk yang cocok untuk bayi adalah katun combed yang lembut dan halus.